Sunday, October 29, 2023

Sabar dan Ikhlas adalah Harta Berharga yang dapat Kita Minta dan Miliki

Dan benar adanya. Selama ini, ada luka dan sakit hati terhadap suatu kejadian atau kepada seseorang yang aku simpan, bahkan ada masa dimana luka itu menjadi dendam dan membuatku bersikap buruk terhadapnya. Dan aku selalu mengatakan pada diriku bahwa yang kurasakan adalah hal valid dan yang kulakukan adalah hal yang pantas mereka dapatkan. Tapi, seiring berjalannya waktu, toh menyakiti orang lain tidak membuatku merasa lebih baik. Tidak membuatku lebih baik pula dari mereka. Lalu suara-suara di hatiku memintaku berdoa kepada Allah SWT agar luka di hatiku ini disembuhkan, dan dendam apapun yang tersisa di dalamnya dihilangkan, agar aku dapat memaafkan keadaan dan seseorang serta diriku sendiri. Tidak perduli apakah keadaan atau orang itu telah lebih baik kepadaku atau belum, aku hanya ingin diperkaya dengan kesabaran dan ketenangan apapun hal yang harus kuhadapi. 

Aku meminta kepada Allah bahkan dengan spesifik

Ya Allah, mudahkan hatiku menerima apapun takdir dan jalan hidup yang telah diberikan kepadaku. Ya Allah, aku memang menyimpan sakit hati yang besar pada seseorang, namun aku tidak ingin hidup membawa dendam atau kebencian, maka mudahkanlah aku untuk memaafkannya dengan lapang dada, ikhlas, dan tanpa ada sisa dendam sedikitpun, dan hanya Engkau sebaik-baik Penyembuh segala luka dalam diri ini.

Aku sering sekali mendengar bahwa rasa marah kita memiliki hak untuk dikeluarkan, bahwa kita berhak untuk mengungkapkan sakit hati kita daripada dipendam sendiri. Aku setuju dengan semua itu tentu saja, namun ketika aku melakukannya dan mereka sama sekali tidak memberikan kedamaian untukku, dan hanya memberikanku dendam dan amarah yang berkepanjangan, aku tahu bahwa itu bukan jalannya. Oleh karena itu aku mulai berdoa dan terus berdoa karena aku tahu, jika diriku tidak mampu menghapus segala luka hati dan amarah, maka Allah pasti mampu, apalagi aku memintanya, dan Allah akan menjawab setiap doa, bukan? 

Melatih kesabaran dan ikhlas adalah ilmu yang akan kita pelajari seumur hidup, dan tentunya jika kita terus berdoa agar sabar kita dapat terus terpupuk dan menjadi sifat kita yang abadi di dunia, Allah akan berikan. Dan aku saat ini tengah berada di titik dimana aku mampu mengingatkan diriku untuk bersabar dan berlapang dada. Untuk tidak mendahulukan emosiku lagi dan berpikir sejernih yang aku bisa. Dan ternyata kedua hal itu adalah salah satu harta paling mahal yang dapat kita miliki. 

Namun aku hanyalah manusia biasa yang tentunya akan mudah terombang-ambing. Oleh karenanya aku akan terus berdoa dan meminta agar sabar dan ikhlasku diluaskan, dipanjangkan, dan dijadikan sifatku dalam setiap masalah yang kuhadapi. Dan sifat sabar dan ikhlas adalah hal yang harus kita minta dari Allah, dan tentunya akan Allah berikan jika kita pun terus berusaha menjaga sifat-sifat itu dalam diri kita.

Karena segala kesulitan dan kemudahan adalah bagian hidup dan hidup ini terlampau singkat untuk kita sia-siakan jika kita memenuhinya dengan emosi dan amarah. Dan percayalah bahwa dengan memiliki sabar dan ikhlas, kita akan dapat melihat sulit dan mudahnya hidup dengan cara yang lebih bijaksana dan memudahkan kita menemukan solusi atas setiap masalah.

Semoga kita senantiasa diberikan harta sabar dan ikhlas dalam diri kita

0 komentar:

Post a Comment