Saturday, February 19, 2011

Gokusen Special Episode: Yankumi's Tearful Graduation (season 1)


The Story  
Setahun berlalu tanpa terasa. Murid-murid kelas 3-D akhirnya semakin dekat dengan kelulusan. Segalanya sempurna. Tak ada kenakalan-kenakalan berarti yang mereka buat, kecuali menjahili Yankumi sesekali. Ikatan pertemanan mereka tetap kuat dan kelas 3-D berencana untuk berlibur ke Onsen sambil menunggu kelulusan. Tentu saja, mereka tidak memberi tahu Yankumi mengenai hal ini karena pasti mereka akan dilarang untuk pergi. Anak-anak kelas 3-D yang dicap sebagai "delinquents / berandalan" ini pun asyik merencanakan masa depan mereka setelah lulus SMA nanti.
 
Noda (Hiroki Narimiya), ingin masuk Universitas Seni. Uchiyama (Shun Oguri) akan bekerja di sebuah perusahaan dan memutuskan ingin mendapat gelar arsitek. Kuma (Tomohiro Waki) akan melanjutkan bisnis Mie Ramen mendiang Ayahnya di rumah dan berjanji akan menjadikannya salah satu restoran besar suatu hari. Minami (Yuma Ishigaki) juga berencana melanjutkan sekolah, tapi kali ini si playboy tidak ikut ke Onsen bersama anak-anak kelas 3-D yang lain. Katanya, dia dapat tiket gratis liburan ke Australia bersama keluarganya (sebenarnya ada rahasia dibalik berliburnya Minami ini...)

Shin Sawada (Jun Matsumoto), cowok kalem dan jenius ini belum memutuskan tujuannya setelah lulus SMA. Meski sudah lolos tes masuk dua universitas di Jepang, Shin masih belum yakin dengan tujuannya. Dan bahkan dia merasa iri dengan teman-temannya yang punya mimpi, sedangkan dia yang dianugerahi otak jenius, tak punya mimpi sama sekali. Dan hal inilah yang belakangan menimbulkan perselisihan antara Shin dengan Noda dan anak-anak kelas 3-D lainnya. Lima anak di kelas 3-D tidak lulus ujian universitas dan harus menjadi ronin, dan ikatan pertemanan diantara mereka pun mulai retak. Shin yang juga merasa kesal dan iri pada teman-temannya yang punya mimpi, belakangan memukul Noda, dan akhirnya kelas 3-D terpecah. Sebagian besar anak kelas 3-D termasuk Noda pun menyatakan bahwa mereka tidak akan datang ke acara kelulusan sekolah.
 

"I've been uneasy and irritated lately. I hit Noda because of that. I've been jealous of the others. My friends have their own dreams. And yet, I realized that had no dreams." - Shin shared his feelings to Yankumi.  

"In Africa, there is an opening job to build an elementary school. There is no payment, but meals are to be provided 3 times a day. Other than that, there are jobs to dig up wells, and many more I heard. At places I've never been to, I want to try out something I've never done before." - Shin told Yankumi that he would go to Africa. The reason why he never shows up in the rest Gokusen series after the first one. This scene got me crying because I realized that he was like... saying goodbye to Yankumi 😭
 
 
Yankumi nggak bisa diam saja melihat murid-muridnya terpecah begini. Dia pergi kesana-kemari, mendatangi masing-masing muridnya, membujuk mereka untuk datang ke acara kelulusan karena itu adalah saat-saat terakhir mereka akan menjadi teman sekelas. Menjadi murid kelas 3-D. Saat kelulusan adalan saat satu kali seumur hidup. Yankumi tak ingin murid-muridnya tidak merasakan itu. Ditambah lagi, Yankumi tidak bisa melihat muridnya terpecah-belah di saat terakhir, setelah semua yang telah mereka lalui bersama. Shin yang juga sadar akan kesalahannya pun meminta maaf, didukung Uchiyama dan Kuma. Namun Noda dan beberapa anak sekelas lainnya masih terlalu gengsi dan keras kepala untuk memaafkan.

Keesokannya saat hari kelulusan, Yankumi dan anak kelas 3-D mendapat kabar bahwa pekerjaan yang sudah didapat oleh Uchiyama dibatalkan dikarenakan salah satu customer perusahaan yang mempekerjakannya marah terhadap segerombolan anak-anak Shirokin yang menghancurkan barang-barang di tokonya. Anak-anak Shirokin itu adalah Noda dan beberapa anak kelas 3-D. Mereka menghancurkannya saat mereka kesal karena tidak lulus tes universitas. Namun, Uchiyama tidak marah.

"Don't tell them (Noda's group) anything, please. They may mind. If someone I don't know had done it, I would have crushed him. But those were done by my comrades." - Uchiyama said.

Mendengar hal itu, Yankumi langsung pergi ke perusahaan yang (tadinya) akan mempekerjakan Uchiyama tersebut, berniat memohon lagi agar mereka mencabut pembatalan pekerjaan itu, melupakan bahwa hari ini adalah hari kelulusan dimana dia sebagai guru seharusnya tampil di depan para orangtua murid seperti guru lainnya. Anak-anak kelas 3-D mengikutinya, namun begitu sampai di Perusahaan tersebut, mereka melihat Noda dan beberapa rombongan 3-D yang bertanggung jawab atas kerusakan barang customer tersebut sedang memohon pada pemilik perusahaan untuk mempekerjakan Uchiyama kembali.... (I'm crying at this part... The friendship in Gokusen always amazed me...)


Sepulang dari perusahaan tersebut, Yankumi bersama anak kelas 3-D yang telah bersatu kembali bersama-sama berlari menuju sekolah, mengejar acara kelulusan dan pembagian diploma. Mereka nggak datang tepat waktu sih, tapi Kepala Sekolah, Gonzo Shirakawa, mengizinkan mereka masuk dan mengikuti acara kelulusan. Lalu, Shin Sawada pun dipanggil untuk memberikan pidato sebagai perwakilan dari seluruh murid sekolah (alasan dia dipilih mungkin karena dia adalah murid tercerdas di sekolah, meski berada di kelas terbawah). 
 
Sawada Shin's speech:
"I can never trust the teachers. Schools are all the same. That's what I thought. I was wrong. Here at this school, there is only one, one and only though, that I could trust wholeheartedly. Here, I found real comrades. Together we fought, together we did silly things, together we shed tears, there were comrades here. Instead of winning in fistfights, I'd rather be beaten together. I'd like to have a life long comrades with them. Everyone goes on his way from today. That has no impact on me. We are comrades. Graduation gives me this much sadness... I didn't know that. From tomorrow, I can't walk through the Shirokin's Gate. I can't go to the 3-D's dirty classroom. I cannot hear Yankumi's scolding voice. There would be no more. I feel really sad. Yet, I might meet various people. By meeting many people. We shall learn many things. These are very important factors in life. It is Yankumi who has taught us that way. Yankumi... Thank you!"

That was one of the most beautiful yet saddest scenes I have ever watched. When the students of the 3-D class stood up and said "Thank You..." to Yankumi, Yankumi was crying. Man, I always hate farewell >.< Anyway, it wouldn't be complete if you watched Gokusen without watching the Special Episode because that's the real ending of the series. An end for a new start...


Yankumi: "I think I was so blessed to have you in my class. Wholeheartedly, I think I was blessed, to have you as my first students. Thank you, everyone. My term as your homeroom teacher expires today."  

Shin Sawada: "Yankumi, you said you could be our teacher up until today. You will be a homeroom teacher for a long time. Forever... and ever."

12 komentar:

Unknown said...

waaaaaaah... download dimana? saya juga udah sama" ngubrak-ngabrik internet, nyari" yg nonton online or download tapi g nemu" juga, udah nyari di tukang jualan kagaka ada yg episode spesial, mau nonton beneran.. boleh minta infonya??

Denisa P. Rosandria said...

ehh maaf baru bales. Download di community.livejournal.com/jdramas disitu ada banyak kumpulan drama2 jepang. Tapi harus punya akun dulu :D

Nisya said...

eh, sbnarnya selain gokusen yg 3 season t, ad apa gokusen apa lagi??
ak cri" d google, malah jdi bgug. byk bget gokusenny...

Denisa P. Rosandria said...

Gokusen cuma ada 3 series dan movienya :3
Gokusen 1+special
Gokusen 2
Gokusen 3+special
Gokusen the movie

Udah cuma segitu :3

Anonymous said...

sub indonya ada gak,aq nyari" gagg dapet"

Denisa P. Rosandria said...

sejauh ini aku gak pernah nonton jdrama yg pake sub indo krn susah dicari, jadi pakenya yg english. Coba ke indowebster :)

RieFashion said...

downloadnya dmna sih T_T
gg nemu2 yang episode 12 dan spesialnya sesion 1..huuhhuhu

Denisa P. Rosandria said...

coba nonton online aja di gooddrama.com :)

Unknown said...

saya ada link nya kalau mau download gokusen season 1 ampe 3 tapi tanpa spesial episode, kalau spesial episode nya, saya download dari youtube

Nugi said...

Sub Indo Gokusen Season 1 Download disini :

http://catatankecil-cicichan.blogspot.com/2014/01/gokusen-subtitle-indonesia.html

Unknown said...

Ada yg punya link gokusen season 1 yg mirror ga gan soal y susah link y buat di download.

Denisa P. Rosandria said...

gak punya gan, nyari juga yg itu tapi udh mati semua linknya

Post a Comment