Monday, July 24, 2023

Sampai Nanti, De Nanda!

De Nanda... 7 hari sudah berlalu sejak lo kembali ke sisi Allah SWT pada 18 Juli 2023, tepat di hari ulang tahun kakak kita, dan meski gue sudah mengikhlaskan, tapi ternyata rasa sedih dan duka itu masih tetap terasa sangat berat. Duka dan sedih ini adalah yang paling berat yang pernah gue alami seumur hidup. Gue masih belum bisa membayangkan bagaimana orang-orang akhirnya bisa berdamai dengan duka kehilangan seseorang yang hidup begitu dekat dengan mereka, kehilangan orang yang berada di sisi lo sejak ia lahir hingga dewasa. Gue mencoba mengambil langkah-langkah untuk berdamai dengan duka itu, tapi sepertinya akan butuh waktu yang nggak sebentar. Sebesar itu tempat yang lo isi dalam hidup gue, hidup Mama, Mas Inu, Papa, dan keluarga serta teman-teman lo. You were the center of our lives. You were the reason why there was laughter in our house. You were the one that gives the perfect balance in our family. So now that you're gone, how do we even fill the place you left? 

Seringkali gue masih dipenuhi penyesalan, seandainya gue mengambil tindakan yang berbeda saat lo sakit, apakah lo masih akan bersama kita sekarang? Apakah lo tidak akan merasakan sakit yang berat? Jujur, gue masih nggak bisa kalau harus mengingat masa-masa terakhir lo bersama gue dan Mama. Gue ternyata selemah ini, dan lo adalah orang yang sepenting itu dalam hidup gue. Tapi takdir begitu lucu, di saat gue dipenuhi penyesalan, gue menemukan tulisan lo tentang betapa lo tidak suka berlarut dalam penyesalan, karena setiap orang akan terus menghadapi berbagai keadaan dimana mereka harus mengambil keputusan dan tindakan. Terkadang mereka benar, terkadang mereka salah, dan mereka akan terus mengalami penyesalan, tapi jangan sampai penyesalan itu menjadi fokus hidup kita. Mungkin Allah menuntun gue untuk menemukan tulisan lo itu agar gue bisa bersabar dan meringankan rasa sesal gue. Allah Maha Baik ya Dek...

Dek... gue percaya kok bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik tempat kembali, dan insha Allah lo akan sangat bahagia disana. Akhirnya lo bisa menanyakan langsung pertanyaan-pertanyaan yang ingin lo dapatkan jawabannya dan Allah adalah sebaik-baik pemberi jawaban. Gue dan semuanya disini masih berduka, masih kehilangan, entah sampai kapan. Tolong doakan kami yang masih berada di dunia ini ya agar kuat dan tegar dan tidak hilang arah dalam menghadapi kesedihan sebesar apapun. Di dalam diri gue, ada rasa ingin sekali segera bertemu lagi sama lo, mendengarkan lawakan lo lagi, komentarin hal-hal random, ngetawain hal-hal sepele, tapi gue janji gue nggak akan gelap mata. Gue akan memaksimalkan hidup gue disini sampai nanti kita akhirnya bisa ketemu lagi. Dan semoga kita dipertemukan kembali di sisi terbaik Allah SWT ya Dek. 

Gue sayang banget sama lo. Gue kangen banget sama lo. Tapi gue akan hidup. Gue nggak akan memohon agar hidup gue berakhir lagi. Gue akan berjuang. Lo nggak usah khawatir, gue akan jagain Mama sebaik-baiknya, kita akan hidup sebaik-baiknya. Lo yang tenang disana. Dan insha Allah kita semua akan kumpul lagi nanti dengan cara terbaik. Sampai nanti, De Nanda. Adik kesayangan gue (karena cuma satu hehe), sahabat lawak gue, dan anggota keluarga yang paling disayangi semua orang. Sampai ketemu lagi di waktu terbaik nanti.

0 komentar:

Post a Comment